CARA PINTAR TAKLUKAN WAWANCARA VIRTUAL

Sejarah baru sedang diukir dalam dunia bisnis Indonesia di masa pandemi ini. Setiap perusahaan mulai membentuk sistem dan pola untuk menghadapi kondisi work from home. Hal yang sama juga terjadi pada tim Human Resources yang tetap menjalankan perannya untuk merekrut kandidat serta melakukan penempatan SDM di perusahaan. Para pencari kerja pun mulai lebih giat untuk bergerak mendapatkan pekerjaan yang diharapkan.

Nah, tentunya proses rekrutmen dan seleksi juga bergerak dari sistem hadir langsung untuk seleksi di kantor menjadi metode jarak jauh. Sistem online untuk sourcing, psikotes, assessment, dan wawancara diberlakukan agar pemenuhan SDM tetap berjalan tanpa melanggar himbauan physical distancing. Wawancara virtual kemudian hadir sebagai solusi agar perusahaan tetap dapat menemukan kandidat yang terbaik bagi organisasi.

Wawancara virtual adalah proses wawancara jarak jauh dengan menggunakan teknologi mulai dari telepon, video conference, atau platform komunikasi online lainnya. Proses penjadwalan yang dinamis merupakan salah satu keuntungan penggunaannya. Konsepnya hampir sama dengan wawancara tatap muka langsung, namun dibutuhkan beberapa penyesuaian untuk memastikan agar Anda dapat mengimplementasikannya dengan baik.

Tips Menaklukkan Wawancara Virtual

Meski tidak berinteraksi tatap muka, bukan berarti wawancara virtual ini mudah untuk dilakukan. Ada beberapa tantangan dalam memastikan kelancaran kegiatan wawancara ini. Nah, apabila dalam waktu dekat Anda akan melakukannya, ada baiknya untuk melihat beberapa tips ini, ya.

  1. Persiapan yang matang. Mencari informasi yang lengkap tentang perusahaan, industri, produk, dan posisi yang dilamar adalah hal yang penting dilakukan. Persiapkan alat tulis, dan catat pertanyaan yang relevan untuk pewawancara bila diperlukan.
  2. ‘Datang’ tepat waktu. Meski lebih dinamis, namun ketepatan waktu dalam wawancara virtual adalah hal yang harus diutamakan. Siapkan diri minimal 15 menit sebelum jadwal agar lebih tenang dan siap menghadapi wawancara.
  3. Pelajari teknologinya. Kelancaran interaksi adalah hal yang amat penting dalam wawancara virtual. Ada 4 komponen yang harus kamu cek, yakni:
    • Tes penggunaan aplikasi seperti Zoom, Skype, Hangouts, dll agar sampai kamu merasa familiar.
    • Lakukan pengecekan audio dan pastikan suaramu jelas. Siapkan headphone apabila dibutuhkan.
    • Lakukan tes kamera, cari lokasi dengan pencahayaan yang baik dan tidak banyak distraksi.
    • Cek koneksi internet dan pastikan kamu memiliki kuota yang cukup untuk proses wawancara virtual.
  4. Menyiapkan tempat yang tepat. Pilih posisi yang dapat meminimalisir distraksi selama wawancara virtual. Cari posisi dengan dinding polos atau yang berkesan ‘profesional’ seperti di depan rak buku. Matikan televisi atau alat elektronik lain yang bisa mendistraksi. Selain itu, ingatkan keluarga agar tenang dan memberimu waktu untuk dapat berkonsentrasi selama wawancara berlangsung.
  5. Berbicara dengan jelas, mendengar dengan atentif. Saat menggunakan teknologi, ada kemungkinan delay dalam interaksi sehingga berbicara dengan jelas dan tidak terlalu cepat adalah kunci wawancara yang baik. Perhatikan pula saat pewawancara berbicara, jangan spontan memotong dan coba tunggu beberapa detik sebelum memberi jawaban.
  6. Dress for the job. Berada di rumah bukan alasan untuk tidak berpakaian rapi saat wawancara. Gunakan pakaian lengkap hingga bawah badan, karena ada kemungkinan kamu harus bergerak atau berdiri tengah wawancara dan berisiko terlihat kurang profesional.
  7. Perhatikan body language. Pewawancara akan mengobservasimu selama wawancara berlangsung, jadi tunjukkan citra yang positif dengan duduk tegak dan postur yang baik. Hindarkan banyak bergerak, dan lihat kamera sesering mungkin agar muncul kesan ‘eye contact’ dengan pewawancara, ketimbang fokus melihat videomu sendiri di layar.

Nah, terlihat mudah, kan? Dengan adanya latihan yang matang, diharapkan kamu menguasai teknik wawancara virtual, sehingga dapat memberikan kesan terbaik dan bisa segera mendapatkan pekerjaan impianmu.

Source:

Artikel: https://www.indeed.com/career-advice/wawancaraing/virtual-wawancara

Gambar 1: https://hrexecutive.com/why-do-most-americans-prefer-in-person-job-wawancaras/

Gambar 2: https://careers.microsoft.com/us/en/virtual-wawancara